Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia Jawa Tengah JZ11ZWK

Sekretariat Jl.Pramuka 65 Boja Kendal 51381 HP: 08122900650 Freq:143.370 Mhz / Rept 142,350 Mhz + 970 Mhz

06 Oktober 2011

Prinsip-prinsip umum komunikasi radio dalam keadaan darurat

Kurangi gangguan frekwensi. Dalam kondisi darurat,
 Kebanyakan komunikasi radio akan bekerja pada signal lemah, dikarenakan ketiadaan pasokan listrik, dengan menggunakan HT atau rig dengan power rendah. Disinilah pentingnya menjaga agar alur komunikasi dijaga agar tetap clear minim gangguan. Apabila anda tidak memiliki informasi penting dan mendesak, lebih baik anda standby dan monitor. Anda tidak perlu transmit hanya untuk memberitahukan keberadaan anda, kecuali jika anda mendapatkan panggilan.


Hindari menyebarkan rumor atau berita yang tidak jelas sumbernya.
 Dalam kondisi darurat, akan banyak berita yang bersumber dari "katanya", "kalau tidak salah dengar", "bisa jadi.." yang simpang-siur tanpa kepastian. Anda bisa membantu menghentikan alur berita desas-desus ini dengan cara tidak turut serta menyebarkan berita ini.
Anda hanya diperbolehkan memancarkan berita bahaya yang anda ketahui dengan pasti, dengan menyebutkan "break/ mayday 3x" untuk mendapatkan perhatian dari net pengendali, menyebutkan identitas anda, dan menyebutkan berita dengan singkat dan jelas.


Me-relay berita darurat,
 Dengan cara mencatat berita, sumber berita dengan lengkap, kemudian menyampaikan berita/ pesan secara verbatim (apa adanya, huruf demi huruf, tanpa interpretasi, meskipun anda tidak terlalu memahami makna pesan/ berita tersebut). Hal ini penting sekali, mengingat mungkin anda tidak tahu arti pesan, misalnya berita dengan istilah medis atau sandi polisi/ intelijen, yang jika anda interpretasikan justru akan menyimpangkan arti berita tersebut.

Hemat sumber daya. 
 Gunakan sumber daya seefisien mungkin, misalnya dengan cara menaikkan antena setinggi mungkin, atau berpindah lokasi yang lebih tinggi untuk mencapai jarak jangkau yang lebih jauh, daripada menaikkan power radio; memonitor frekuensi yang memiliki signal besar, daripada harus membuka penuh squelch dan membesarkan volume audio yang memaksa HT anda mengkonsumsi listrik lebih banyak; menghindari transmit kecuali untuk berita yang sangat penting dan mendesak yang menyangkut keselamatan jiwa.


Menjaga kesehatan
 Selama berpartisipasi dalam komunikasi radio darurat, jagalah kesehatan dan keselamatan diri dengan cara beristirahat cukup dan menjaga pasokan makanan / minuman dalam batas konsumsi minimal sesuai kebutuhan Anda. Anda tidak bisa menolong orang lain, jika kondisi kesehatan anda tidak memadai.

Tidak ada komentar:

Hari ini